2 Langkah Praktis Cara Membuat Telur Asin Aneka Rasa.

Posted on

Cara Membuat Telur Asin–Telur asin adalah telur yang diolah dengan cara atau proses pemberian garam berlebih pada telur, proses ini akan mampu membuat olahan telur menjadi lebih awet alias tahan lama. Salah satu daerah penghasil telur asin yang terkenal adalah brebes, maka tak heran telur asin brebes menjadi sangat terkenal hingga ke daerah dan kota lainnya di Indonesia.

Jika sebelumnya telur asin hanya diolah menggunakan garam yang hanya menghasilkan rasa asin pada telur, kini telah hadir aneka olahan telur asin dengan aneka rasa. Ada telur asin rasa bawang, rasa udang, rasa jahe dan bisa juga rasa yang lain, tergantung kita menambahkannya dengan sari ektrak apa sesuai selera.

cara membuat telur asin
cara membuat telur asin

Bahan utama dalam membuat telur asin biasanya telur itik, namun tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain.

Telur asin dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang dan nasi lengko. Meski demikian telur asin yang dimakan tanpa nasi juga tetap lezat. Proses pembuatannya pun tidak rumit, peralatannya minim, serta bahan-bahannya mudah didapat. Berikut adalah cara membuat telur asin:

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat persiapan pembuatan telur asin:

1.Gunakan telur bebek kualitas premium. Ciri-ciri: kuning telurnya berwarna kemerahan dan tidak berbau amis ketika sudah menjadi telur asin

Telur bebek kualitas bagus dan tidak amis biasanya dihasilkan oleh bebek yang diberi makanan pakan organik serta udang. Biasanya daerah penghasil telor bebek yang bagus itu adalah Blitar, Jawa timur, dan Indramayu.

Jika sulit mendapatkan telur bebek, telur ayam biasa juga dapat dijadikan telur asin.

Untuk menentukan apakah telur bebek masih layak diolah, lakukan pengujian ini: masukkan telur ke dalam wadah yang sudah diisi penuh dengan air. Jika telur tenggelam, artinya telur masih layak dikonsumsi. Pastikan juga telur tidak retak.

2. Bersihkan telur dari kotoran yang menempel kemudian keringkan dengan lap. Amplas permukaan telur agar pori-porinya terbuka.

3. Gunakan air yang dingin untuk merendam telur.

4. Tentukan cara pembuatan telur asin yang diinginkan sehingga bisa memperkirakan jenis dan banyaknya bahan yang akan digunakan seperti: abu gosok, garam dan batu bata merah halus

Ada pula yang menambahkan ekstrak daun teh saat pembuatan telur asin. Takaran penggunaan 50 gr teh untuk 3 liter air, demikian seterusnya.

Cara Pertama

Pada dasarnya ada banyak cara membuat telur asin. Pilihlah sesuai dengan kemampuan Anda. Cara pertama yang kami sajikan ini cukup sederhana namun hasil telurnya cukup masir atau enak. Adapun bahan yang diperlukan antara lain:

  1. Telur bebek segar antara 10 butir sampai 30 butir. Sebaiknya gunakan telur dengan usia 1 sampai 2 hari agar hasilnya berkualitas.
  2.  Garam dapur sebanyak 500 gram. Bisa juga menggunakan garam kotak atau garam krosok.
  3. Air bersih sebanyak 1.5 sampai 2 liter.
  4. Stoples kaca atau plastik dengan penutup rapat. Anda juga bisa menggunakan ember jika ingin. Tapi pastikan ember tersebut memiliki penutup.
  5. Setelah semua bahan siap tersedia, mulailah langkah demi langkah pembuatan telur asin, sebagai berikut:
  • Pertama, rendamlah telur bebek ke dalam wadah berisi air. Buang telur yang melayang sebab itu pertanda telur tidak layak olah.
  • Selanjutnya, bersihkan kulit telur dengan cara digosok. Selain untuk menghilangkan kotoran, cara ini juga berfungsi untuk membuka pori-pori telur.
  • Setelah bersih, tiriskanlah telur dan simpan dalam wadah.
  • Langkah berikutnya, buatlah larutan perendam berupa campuran air dan garam. Pelarutan ini bisa menggunakan air dingin. Apabila Anda memakai air panas, maka sebaiknya tunggu air larutan garam dingin sebelum digunakan.
  • Setelah air garam siap, tuanglah masuk ke dalam wadah tempat Anda menyimpan telur yang telah dibersihkan. Pastikan larutan merendam telur secara sempurna.
  • Apabila ada yang tidak terendam sempurna, sebaiknya ambil kantong plastik dan isi dengan air. Selanjutnya gunakan untuk menimpa telur agar terendam sempurna. Tutup rapat wadah.
  • Lama perendaman adalah 12 hari. Dengan durasi ini, Anda sudah bisa mendapatkan telur asin yang masir. Namun agar lebih awet dan asin, kadang orang merendam sampai 3 minggu lamanya. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Cara Kedua

Cara membuat telur asin di atas dikenal dengan cara basah. Nah, ternyata ada cara lain yang dikenal dengan nama cara kering. Bahan yang diperlukan untuk menjalankan cara ini, sebagai berikut:

Telur dengan kualitas terbaik sebanyak 10 butir.

Abu gosok sebanyak 200 gram.

Bubuk bata merah sebanyak 800 gram.

Lumpur sebanyak 1000 gram.

Garam dapur sebanyak 900 gram.

Air bersih secukupnya saja.
Sementara itu, alat yang kita butuhkan:

Ember plastik sebanyak 1 buah.

Kuali tanah sebanyak 1 buah.

Tampah serta alat pengaduk.

Wadah untuk menyimpan telur.

Setelah bahan dan alat tersedia, mari kita memulai proses pembuatan, langkah demi langkah sebagai berikut:

Pertama sekali, cuci bersih telur dan gosok kulitnya agar kotoran hilang dan pori-porinya terbuka,

Selanjutnya, buatlah adonan dengan cara mencampur lumpur dan garam dengan perbandingan 4 : 1. Anda juga bisa membuat adonan dari abu gosok dan juga batu merah bersama dengan garam. Adapun perbandingannya adalah 2:2:3.

Agar menyerupai pasta, tambahkanlah sedikit air pada adonan Anda.

Selanjutnya, bungkuslah telur dengan menggunakan adonan, ketebalannya kira-kira 1 cm.

Agar adonan tidak lepas dari kulit telur, Anda bisa membungkusnya kembali dengan plastik.

selanjutnya, simpanlah telur yang sudah ditutup tersebut ke dalam kuali. Simpan selama kurang lebih 15 hari.

Selanjutnya, panenlah telur dan buanglah adonan yang menempel pada kulitnya.

Kemudian rebus sampai matang.

Telur asin Anda sudah siap disantap.

Nah lantas bagaimana cara membuat telur asin dengan rasa berbeda? Cara pembuatannya sangat mudah…prosesnya dan bahan yang digunakan sama seperti diatas namun perlu ditambahkan bahan sesuai dengan rasa yang kita ingingkan, jika kita ingin rasa bawang, maka tambahkan bawang yang sudah dihaluskan pada adonan atau bahan yang digunakan untuk merendam telur tadi diatas begitupun jika kita ingin rasa yang lain.Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Incoming search terms:

  • resep telur asin rasa udang