Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Enak dan Lezat

Posted on

ResepMasakanBunda.Info–Ayam bakar menjadi salah satu menu makanan spesial, terlebih disaat moment moment tertentu. Seperti saat saat tasyakuran atau dalam istilah Jawa “Bancaan”. Ayam bakar menjadi lauk utama untuk tumpeng yang biasanya digunakan saat tasyakuran dan biasanya diolah dengan resep ayam bakar bumbu rujak.

Rasa dari ayam bakar bumbu rujak ini relatif sedikit pedas, walau sebenarnya rasa pedas tetap saja bisa disesuaikan dengan selera. Resep ini akan mudah kita dapati di daerah jawa timur, bahkan menjadi salah satu resep khas dari masakan Jawa Timur.

resep ayam bakar bumbu rujak
resep ayam bakar bumbu rujak

Sekilas resep ayam bakar ini terlihat sama dengan resep ayam bali, sebab kedua bumbu dari masakan ini masih didominasi oleh cabe merah besar. Namun setelah jadi, baru akan terlihat dan terasa beda ,sebab resep ayam bakar bumbu rujak lebih lengkap dalam penggunaan bumbunya. Untuk mendapatkan hasil ayam bakar yang enak, sangat disarankan untuk menggunakan daging ayam yang masih segar. Menggunakan daging ayam kampung atau ayam potong sebenarnya sesuai selera saja, namun yang paling sering dan enak untuk ayam bakar bumbu rujak ini memang menggunakan daging ayam kampung. Jika menggunakan ayam kampung, sebaiknya pilih ayam kampung yang tidak terlalu tua, atau jika memang ayam yang ada sudah cukup tua maka sebaiknya sebelum di bakar daging ayam direbus dahulu, sehingga daging ayam tidak terlalu keras setalah dibakar.

Jika daging ayam harus direbus dulu, sebaiknya saat merebus daging ayam sekalian ditambahkan bumbunya, sehingga bumbu lebih merasap. Agar lebih jelas, kita simak bersama uraian detail bahan dan bumbu lengkapnya yang digunakan untuk resep ayam bakar bumbu rujak berikut.

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan bahan Ayam Bakar Bumbu Rujak

1 potong ayam kampung tidak terlalu tua. Potong sesuai selera atau kurang lebih 6 sampai 8 potong.
2 cm Lengkuas yang sudah dicuci bersih. Memarkan sebelum digunakan supaya aromanya keluar.
2 Lembar Daun salam.
2 Lembar Daun jeruk.
1 sendok teh Air asam jawa atau secukupnya
2 Batang serai ukuran sedang besar.
3 sendok makan Kecap manis kental
1 sendok teh Gula merah
½ Santan kental
1 Sendok kecil Kaldu ayam
½ liter Air kelapa
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Bahan pelengkap seperti buah ketimun, daun semangi dan lainnya.

Bumbu Ayam Bakar Rujak Komplet

½ sendok kecil Merica butiran
8 buah Kemiri ukuran sedang .
2 cm Jahe ukuran sedang, potong-potong agar gampang haluskannya.
4 siung Bawang putih ukuran sedang.
8 buah Bawang merah ukuran sedang
8 buah Buah cabai rawit ukuran sedang yang masih segar
2 cm Kunyit ukuran sedang
10 Buah cabai merah besar
½ sendok kecil Ketumbar .

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak Pedas

Sebelumnya terlebih dahulu cuci daging ayam dengan air mengalir sampai bersih lalu tiriskan sebentar.

Haluskan bumbu halus yang sudah disiapkan sebelumnya menggunakan ulegan alias manual, supaya hasilnya lebih enak dan aroma bumbunya lebih keluar.

Siapkan wajan ukuran sedang besar dan beri minyak goreng secukupnya dengan api kecil sedang untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan diatas.

Tumis bumbu halus dan aduk aduk supaya tidak gosong sampai keluar aroma harumnya.

Jika sudah, tambahkan air kelapa, air asama jawa, kaldu bubuk dan santan kental yang sudah dipersiapkan diatas lalu aduk aduk sebentar supaya tercampur dengan bumbu lain.

Tunggu hingga agak panas, lalu masukkan daging ayam lalu aduk aduk kembali supaya tercampur dengan bumbunya dan semua bagian tertutupi bumbu.

Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas yang sudah dimemarkan, sereh dan beri sedikit garam dapur lalu aduk aduk kembali supaya semua bumbu tercampur dan daging ayam tertutupi bumbu ayam bakarnya.

Selama masak gunakan api sedang dan tutup wajan (diungkep) sampai kuahnya menyusut sekali. Sesekali aduk aduk supaya bumbu meresap rata ke dalam daging ayamnya dan daging matang secara merata.

Masukkan kecap manisnya dan aduk aduk kembali supaya rata. Tambahkan garam dapur apabila dirasa rasa gurihnya kurang. Masak sebentar lalu matikan.

Angkat ayam dari tempat berebusan dan siapkan api dan panggangannya.

Untuk hasil yang enak, sebaiknya panggang ayam menggunakan bara arang, namun jika tidak anda bisa menggunakan teflon yang sudah diolesi sedikit margarin atau mentega.

Letakkan ayam di atas panggangan sambil diolesi bumbu yang sudah di haluskan tadi hingga merata. Agar tidak gosong jangan lupa untuk membolak balikannya.

Karena sebelumnya ayam sudah direbus, jadi jangan terlalu lama memanggangnya. Cukup sampai bumbu rujak yang nempel di daging ayam sudah kering, lalu angkat.

Ayam bakar bumbu rujak siyap untuk dihidangkan.

Ayam bakar bumbu rujak sangat cocok disajikan saat masih hangat, bersama sepiring nasi hangat yang sedikit pulen ditambah lalapan dan sambal. Ditambah segelas teh hangat atau jeruk hangat, dijamin tambah nikmat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba resep ayam bakar bumbu rujak enak dan lezat.