Resep Rawon Daging Surabaya Super Lezat , Gak Kalah sama Resep Rawon Setan.

Posted on

Resep Rawon Daging Surabaya –Pernah merasakan enak dan lezatnya nasi rawon setan Mbak Endang Surabaya? Nasi rawon setan sudah sangat terkenal sejak dahulu karena kelezatannya, dan paling unik adalah warung nasi rawon ini hanya buka pada malam hari sekitar pukul 10 malam. Layaknya rawon pada umumnya, rawon setan juga memiliki kuah dengan warna gelap kehitam hitaman karena warna yang ditimbulkan oleh kluwak yang menjadi khas bumbu rawon Surabaya, Jawa Timur. Beda dengan rawon yang lain, rawon setan menggunakan potongan potongan daging yang lebih besar daripada biasanya, sehingga ketika menyantapnya akan terasa lebih enak.

Daging yang empuk , ditambah dengan tauge mentah serta sambal terasi yang sedikit pedas dan sepiring nasi yang masih hangat, akan membuat rawon akan terasa lebih nikmat. Memang sangat pas disantap saat malam hari. Bagi anda pecinta kuliner, belum lengkap rasanya ketika berkunjung ke Surabaya jika belum mencoba nasi rawon setan buatan Mbak Endang yang terletak di Jalan Embong Malang Surabaya.

resep rawon daging surabaya
resep rawon daging surabaya

Bagi orang Surabaya akan sangat mudah untuk bisa menikmati nasi rawon setan ini, namun bagi orang luar Surabaya mungkin akan sedikit sulit karena jarak yang berbeda. Tapi tidak perlu berkecil hati, kali ini admin Resep Masakan Bunda akan berbagi resep bumbu rawon daging yang rasanya tak kalah dengan resep rawon setan surabaya untuk Anda, sehingga anda tidak perlu lagi jauh jauh ke Surabaya untuk bisa menikmati semangkok nasi rawon setan ala Mbak Endang.

Seperti yang sudah admin singgung diatas, bahwasannya tidak berbeda jauh dengan resep rawon yang lain, yang membedakan rawon lain dengan rawon setan adalah pada potongan daging yang lebih besar sehingga ini tentu bisa kita buat juga di rumah. Yuk kita simak bersama resep rawon daging Surabaya yang tak kalah enaknya dengan rawon setan berikut :

Resep bumbu rawon daging Surabaya :

Bahan-Bahan

Daging Sapi 1 Kg
Tulang Sapi 500 Gram
Air putih 2 liter
Minyak goreng 7 sendok makan

Rempah khusus rawon setan surabaya

1 potong lengkuas, dimemarkan
1 potong jahe, dimemarkan
2 batang serai, dimemarkan
3 buah jeruk purut ambil kulit wanginya saja
3 lembar daun jeruk
1 sendok teh gula
1 sendok teh asam jawa

Bahan Bumbu dihaluskan

12 buah keluwak, ambil isinya, sangrai hingga kering
17 buah bawang merah
8 buah bawang putih
2 sendok makan ketumbar
1 sendok makan garam dan penyedap
1 ruas kunyit
secukupnya terasi

Bahan pelengkap rawon daging Surabaya

Tauge pendek, diseduh dan tiriskan
Telur asin, belah dua saja
Bawang goreng
Timun cincang
Kerupuk udang
Sambal terasi

Cara Membuat Rawon Daging Surabaya Jawa Timur

Masak Tulang dan Daging dengan 2 liter air yang sudah disiapkan sebelumnya hingga daging matang dan empuk. Jika daging sudah empuk, angkat daging dan potong membentuk dadu. Sementara kecilkan api terlebih dahulu saat memotong daging. Jika sudah masukkan kembali daging yang sudah dipotong.

Selanjutnya tumis bumbu halus hingga tercium bau harum, lalu angkat bumbu dan masukkan kedalam rebusan daging.

Selanjutnya masukkan semua rempah khusus rawon daging yang tadi sudah disiapkan (liat dibagian bahan).

Lalu tutup panci yang digunakan untuk merebus tadi, biarkan sampai daging dan tulang empuk dan bumbu meresap sempurna.

Setelah daging dan tulangnya empuk serta bumbunya meresap sempurna, Angkat. ( Jika daging masih belum empuk dan bumbu belum meresap sempurna, rebus lebih lama)

Selesai, Rawon Setan Surabaya siap untuk disajikan.

Cara Membuat Sambal Terasi Untuk Nasi Rawon

Bahan-bahan

Cabe rawit 3 buah, buang batangnya.

Cabe merah keriting 8 buah, ptotong kasar

Tomat buah besar 1 buah, potong kasar

Terasi matang 1 sendok teh atau sesuai selera.

Gula merah ½ sendok teh

Jeruk limau atau jeruk nipis untuk diambil airnya.

Garam Secukupnya.

Cara Membuat sambal

Rebus cabe merah dan cabe rawit sampai lunak ( untuk mempercepat pengulekan).

Campur cabe merah, cabe rawit dan tomat, terasi, gula merah dan garam lalu ulek sampai halus.

Selanjutnya tambahkan air perasan jeruk limau atau jeruk nipis, lalu aduk sampai rata dan sambal siap disajikan. Jika tidak suka dengan rasa asam dari air jeruk limau atau jeruk nipis, maka Anda tidak perlu menambahkannya.

Catatan Tambahan:

Sebaiknya menambahkan garam setelah semua bumbu sudah dihaluskan termasuk terasinya, dan coba dicicipi dahulu sebelum menambahkan garam. Sebab ada beberapa jenis terasi yang sudah asin sehingga penambahan garam tidak diperlukan.

Nah nasi rawon daging Surabaya siyap disantap, agar terasa lebih nikmat saat disajikan jangan lupa menambahkan kerupuk udang dan bawang gorengnya. Menu nasi Rawon juga sangat cocok disajikan sebagai menu sahur saat bulan puasa. Selamat mencoba Resep Rawon Daging Surabaya.

Incoming search terms:

  • resep rawon rumahan untuk buka bersama di masjid