Resep Tongseng Kambing Sederhana Tanpa Santan

Posted on

Resep Tongseng Kambing Sederhana Tanpa Santan—resep daging kambing mungkin tak sepopuler dengan resep daging sapi. Ada banyak alasan orang lebih menyukai daging sapi dibanding dengan daging kambing, salah satunya adalah daging kambing lebih memiliki aroma daging yang kurang sedap alias prengus jika kurang benar dalam mengolahnya. Sehingga untuk mengolahnya memerlukan tips tersendiri agar bau lebus daging kambing hilang. Berbeda dengan daging sapi yang sangat mudah dalam mengolahnya. Namun jika kita benar dalam cara mengolahnya, daging kambing lebih enak dari daging sapi.

resep tongseng kambing sederhana tanpa santan
resep tongseng kambing sederhana tanpa santan

Walau bagi penderita hipertensi, jantung, kolestrol untuk mengkonsumsi daging kambing perlu berhati hati. Namun daging kambing banyak mengandung gizi, protein dan zat berguna lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti protein hewani, omega 3, selenium, zat besi dan lainnya. Memang yang sering menjadi kendala pada umumnya untuk mengolah daging kambing memang sedikit sulit. Tetapi jika kita sudah tahu, cara mengolah daging kambing dan cara memasaknya cukup mudah dan sederhana lho.

Seperti yang akan kami bahas kali ini, resep tongseng kambing sederhana tanpa santan. Resep ini adalah salah satu resep daging kambing yang terkenal dari kota Solo. Pada umumnya sih tongseng kambing solo menggunakan santan, sebab santan akan membuat daging kambing jadi lebih gurih dan enak. Namun bagi penderita hipertensi, kolestrol tentu makanan jenis ini menjadi salah satu makanan yang mesti dihindari. Nah agar tetap bisa menikmati tongseng kambing yang enak, kita masak daging kambing menjadi tongseng kambing tanpa santan. Jadi lebih sederhana dalam mengolahnya dan tidak ribet, dan tentunya rasanya tidak kalah dengan yang pakai santan, sebab bumbu dan bahan yang akan kita gunakan adalah sama. Yang terpenting sebelum masak daging kambing kita perlu beberapa tips berikut agar daging kambing tidak prengus dan empuk.

Tips dan cara mengolah daging kambing agar tidak prengus dan cepat empuk.

1. Daging kambing tidak perlu di cuci. Sebab biasanya kalo daging kambing dicuci bau prengus justru akan semakin keluar. Nah, bagaimana kalo daging kambing terlanjur dicuci. Jika daging kambing terlenjur dicuci, cara mengolahnya adalah merebus daging kambing dengan rempah rempah alami, seperti jinten hita, jeruk nipis atau jahe, cengkeh, kapulaga ataupun jenis rempah lainnya yang beraroma kuat.
2. Gunakan buah nanas untuk merendam daging kambing. Caranya kupas nanas dan hancurkan, lalu campur daging kambing dengan buah nanas yang sudah dihancurkan. Rendam lebih kurang 10 menit, lalu pisahkan daging kambing dari buah nanas.
3. Jika tidak ada buah nanas, anda juga bisa menggunakan daun papaya untuk membuat daging kambing menjadi cepat empuk. Caranya, bungkus daging kambing dengan daun papaya selama lebih kurang 10-30 menit. Selanjutnya daging kambing siap dimasak.

Nah saatnya kita olah daging kambing menjadi resep tongseng kambing. Tidak usah kuatir bagaimana cara membuat tongseng kambing, sebab kali ini kami akan berbagi resep tongseng kambing sederhana tanpa santan untuk bunda semua. Semoga saat idhul adha nanti, resep ini bisa bunda coba untuk mengolah daging kambingnya. Berikut kita simak bersama resep dan cara membuatnya:

Resep tongseng kambing sederhana tanpa santan.

resep tongseng kambing sederhana
resep tongseng kambing sederhana

Bahan-Bahan

500 gram daging kambing segar, tidak usah dicuci, cukup buang lemak yang menempel di daging kambing agar tidak bau prengus.
1 batang daun sereh, tidak terlalu besar. Cuci bersih dan memarkan.
1 ruas Jahe ukuran sedang besar. Cuci bersih, kupas kulitnya lalu memarkan jahenya.
2-3 lembar daun jeruk .
4 sendok makan kecap manis kental kualitas bagus .
1 ruas jari laos ukuran sedang besar. Cuci bersih dan memarkan sebelum dicampur dengan bumbu tongseng daging kambing yang lainnya.
Garam dapur beryodium secukupnya .
Daun kola tau kubis secukupnya. Bersihkan dan iris tipis-tipis.
2 buah tomat sayur merah atau hijau segar, cuci bersih lalu iris-iris kasar.
Air bersih secukupnya.
Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu tongseng nantinya

Bumbu Tongseng Daging Kambing

3 siung ukuran sedang bawang putih
6 siung bawang merah ukuran sedang.
Cabe rawit secukupnya atau sesuai selera.
3-4 buah cabe merah atau secukupnya.
Merica bubuk secukupnya.

Cara Membuat Tongseng Kambing sederhana tanpa santan

Pertama bersihkan daging kambing dari lemak.

Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan daging kambing. Tunggu sebentar, biasanya busa dan kotoran akan mengapung, lalu sari busa dan kotorannya.

Masak daging kambing beberapa saat sampai daging empuk. Lalu angkat dan potong potong daging kambing sesuai selera.

Selanjutnya membuat bumbu halus untuk tongseng kambing.

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit dan lada halus sampai benar-benar halus.

Siapkan wajan penggorengan dan minyak goreng lalu panaskan dengan api sedang saja.

Tumis bumbu tongseng kambing yang sudah dihaluskan, aduk-aduk sampai tercampur rata dan tercium aroma harumnya.

Lalu masukkan laos, jahe, sereh dan garam dapur secukupnya serta daun jeruknya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

Kemudian masukkan potongan daging kambing. Aduk sampai rata dan tunggu sebentar agar bumbu meresap dedalam daging, dan daging kambing berubah warna.

Jika sudah, tuang air bersih secukupnya . Aduk-aduk hingga daging terasa sudah lebih empuk.

Selanjutnya tambahkan kecap kental manis secukupnya, irisan tomat dan irisan kubisnya.

Aduk sampai rata dan tunggu tomat dan daun kubis layu.

Coba cicipi kuah tongseng kambingnya, jika ada yang kurang bisa ditambahkan misal kurang asin bisa ditambah garam dapur, kurang manis tambahkan gula atau kecap manisnya.

Aduk sebentar, dan angkat tongseng kambingnya.

Tongseng kambing tanpa santan siap dihidangkan.

Nah selesai sudah cara membuat tongseng kambing sederhana tanpa santan. Jika ada anggota keluarga tidak suka pedas atau ada anak kecil dirumah yang juga ingin menikmati tongseng kambing, tapi tidak biasa makan pedas. Maka saat masak, cabe rawit bisa dihilangkan dan ditambahkan saat hendak disantap saja. Atau jika bunda ingin mengolah daging kambing dengan olahan lain, bunda bisa coba membuat resep nasi goreng kambing untuk keluarga tercinta.